+6282292166343

Hubungi Kami

Jl. Sultan Qaimuddin No. 17

Baruga Kendari

08:00 - 16:00 WITA

Senin s/d Jumat

Sejarah Pendirian

Secara historis, keberadaan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah tidak dapat dipisahkan dari sejarah berdirinya Jurusan Dakwah yang telah eksis lebih dahulu di STAIN Sultan Qaimuddin Kendari. Jurusan Dakwah sebelumnya terdiri dari dua program studi yaitu ; Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Bimbingan dan Penyuluhan Islam.

Sebagai buah dari perjuangan panjang seluruh komponen dan elemen kampus STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, akhirnya pada bulan Oktober 2014 perubahan dan alih status berhasil dicapai. Alih status tersebut dari STAIN Sultan Qaimuddin Kendari menjadi IAIN Kendari yang semula hanya tiga Jurusan menjadi empat Fakultas, yaitu:

  1. Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD)
  2. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK)
  3. Fakultas Syariah (FASYA)
  4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)

Dalam proses perjalanan tersebut, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam dan Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam yang berada di bawah Jurusan Dakwah dan Komunikasi digabungkan dengan Program Studi Ilmu al-Quran dan Hadis yang berada di bawah Jurusan Syariah. Penggabungan tiga program studi ditambah program studi baru yaitu Manajamen Dakwah melahirkan satu fakultas baru yaitu Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari. Hingga saat ini FUAD telah memiliki 4 Program Studi Yaitu: Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI), Prodi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir (IQT), dan Prodi Manajemen Dakwah (MD)