PPL 2024: Wakil Dekan 1 dan Ketua KJM FUAD Jadi Narasumber Pembekalan

Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 2024 digelar di gedung Aula Mini IAIN Kendari. Dua pemateri utama, Wakil Dekan (Wadek) 1 Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari, Aminudin dan Ketua Komite Jaminan Mutu (KJM) FUAD, Hasan Basri, memberikan pesan penting kepada mahasiswa yang akan menjalani Pengalaman Praktik Lapangan (PPL). Aminudin menyoroti pentingnya kesiapan mahasiswa dalam menghadapi PPL hari ini (04/01/2024).

Moderator, Ira Trisnawati, Ketua Program Studi Manajemen Dakwah Memandu Kegiatan Pembekalan PPL untuk dua pemateri utama

Ia menekankan bahwa kesuksesan dalam program ini sangat bergantung pada seberapa baik mahasiswa mendengarkan dan menerapkan saran yang diberikan oleh dosen dan pembimbing. Selain itu, wakil Bidang Akademik itu juga menyoroti adanya kasus di mana mahasiswa tidak mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan bidang ilmunya karena kurangnya pemahaman terhadap nasihat yang diberikan,

“Mohon kepada Anda, mahasiswa sekalian untuk menaati peraturan di lokasi PPL. Berperilaku dengan standar yang berlaku disana. Perilaku kalian akan menjadi cerminan dari Fakultas Dakwah” Jelasnya di hadapan 98 mahasiswa Peserta PPL.

Sesi Diskusi dan Tanya Jawab terkait Pelaksanaan dan Pelaporan PPL

Di sisi lain, Pemateri Kedua, Hasan Basri mengingatkan kewajiban mahasiswa untuk menyelesaikan laporan kerja PPL. Ia mendorong para mahasiswa agar menggunakan Pedoman PPL tersebut sebagai panduan, sambil menggagas ide kreatif dengan judul buku yang unik, “Nanti di lapangan harus peka dan jeli mana yang bisa jadi isu penelitian, pengamatan Anda bahkan obrolan Anda secara tidak sadar dapat dimanfaatkan sebagai wawancara penelitian nantinya”, Imbuhnya.

Moderator, Ira Trisnawati, menutup sesi pembekalan PPL dengan pesan ke mahasiswa Peserta PPL FUAD untuk tidak berbuat setengah-setengah dalam melakukan kegiatan yang diadakan dilakukan selama dua bulan ini. “Lakukanlah dengan sepenuh hati, sehingga hasilnya akan indah dan rejeki akan mengalir, “ tandasnya di akhir sesi pembekalan.

Pembagian Kelompok dan Lokasi PPL oleh Ketua Panitia, Muh Syahrul Mubarak

(/Rc19)

slot gacor