“Evaluasi PPL di FUAD IAIN Kendari: Mahasiswa Bawa Harapan Baru dalam Presentasi Laporan”

Baruga – Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari menggelar presentasi laporan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas laporan dan performa presentasi dari 73 mahasiswa FUAD yang melibatkan 30 pamong dan 30 Dosen Pembimbing.

Nuansa Menunggu Giliran Presentasi PPL Mahasiswa KPI
(Fotografer: Aldiyansyah)

Dalam penyelenggaraan PPL, terdapat pembagian penguji. Khusus, untuk program studi Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT). Kelompok pertama diuji oleh Dr. Nimah pada Jumat, 22 Maret pukul 08.00 di Ruang Rapat FUAD dengan mahasiswa sebagai berikut: Al Askar Putra, Lapas Anak, LPP, Ponpes Al Mannan, dan Ponpes Barakati. Sedangkan, kelompok kedua diperiksa oleh Ketua KJM, Dr. Hasan Basri, pada Senin, 25 Maret pukul 08.00 dengan mahasiswa yang diuji antara lain Baitul Qur’an, Ponpes Aminah, Ponpes Muhajirin Anshorullah, Lapas Dewasa, Ponpes Ulumul Qur’an, dan Al Askar Putri.

Uji Presentasi oleh Ketua Program Studi IAT Dr Nimatuz Zuhrah
(Baca dari atas ke bawah; Lokasi PPL Yayasan Tahfizul Quran Al-Mannan Kendari, LPKA Kelas II Kendari, Yayasan Barakati)

Bagi program studi Manajemen Dakwah (MD), presentasi laporan PPL diuji oleh Sekretaris Prodi, Ira Trisnawati, M.Ag dan Salah satu Dosen Pembimbing PPL Prodi MD, Dr Mansur M.Pd, berlangsung dari pukul 13.30 WITA hingga selesai di Ruangan 103 Gedung FUAD. Adapun lokasi PPL MD meliputi Bank BSI, Bank Muamalat, Islamic Center Muadz Bin Jabal, Kantor Kemenag Kota Kendari, Baznas Kota Kendari, dan Kanwil Kemenag Sulawesi Tenggara.

Response dari Mahasiswa MD, Jusriani & Muhammad Rais,
Penguji Dr. Mansur, M.Pd,
Lokasi Bank BSI KCP Lepo-Lepo

Sementara itu, untuk program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan Bimbingan & Penyuluhan Islam (BPI), ujian laporan PPL dilaksanakan oleh Sekretaris Program Studi masing-masing. Yusrifah Halid,M.I.Kom menguji mahasiswa KPI di Ruangan 101 mulai pukul 09.00 WITA dengan lokasi PPL seperti Kendari Pos, Sultra TV, Kendarinesia, Kantor Imigrasi, TVRI, dan Humas IAIN Kendari.

Uji Presentasi Laporan PPL oleh Yusrifah Halid, M.Ikom Lokasi PPL TVRI
(Baca dari kiri ke kanan/Pose Berdiri; Ananda Khairunnisa, Yusrifah Halid M.I.Kom, Nini Sasmitha, Syahri Ramadan)

Selanjutnya, Khairunnisa Syamsu, M.Pd yang menguji presentasi laporan PPL BPI bersama Dr. H. Samsuri, M.Pd mulai pukul 13.00 WITA di Ruangan 101 dengan lokasi PPL diantaranya: Dinas Sosial, DP3A, LPKA Kelas II Kendari, KUA Puuwatu, KUA Kadia, KUA Poasia, dan KUA Baruga.

Presntasi Laporan PPL Mahasiswa BPI dari Lokasi Kantor Urusan Agama

PPL ini menerapkan apa yang telah ditetapkan dalam pedoman PPL. Terdapat empat indikator penilaian yang menjadi fokus, yakni Sistematika Penulisan Laporan, Kelengkapan Substansi Laporan, Kelengkapan Lampiran Laporan, dan Performance Presentasi.

Ketua Pelaksana PPL, Syahrul Mubarak, MAg berharap kedepannya pelaksanaan PPL dapat melengkapi catatan kekurangan dalam pelaksanaan PPL tahun ini.

Diharapkan dengan adanya presentasi laporan ini, mahasiswa dapat menunjukkan kemampuan akademik dan praktik yang telah mereka peroleh selama pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

(/RCom19)

slot gacor