Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari Canangkan SMA 5 Baubau Sebagai Agen Moderasi di Sulawesi Tenggara

Baubau, 13/10/2023—Sekolah SMA 5 Baubau Dicantumkan Sebagai Agen Moderasi Beragama, Mengedepankan Toleransi dan Kerukunan Antar Umat Beragama.

Dalam upaya mempromosikan perdamaian, toleransi, dan kerukunan antarumat beragama, Sekolah SMA 5 Baubau, Kelurahan Kantalai, Kecamatan Lai-lai, Kota Baubau, diumumkan sebagai Agen Moderasi Beragama di Provinsi Sulawesi Tenggara. Bukan tanpa sebab, SMA 5 Baubau dicanangkan sebagai agen inspirator moderasi beragama sebab saling menghormati perbedaan agama Islam, Kristen, Hindu, dan belum pernah terlibat konflik. Pencanangan ini merupakan langkah signifikan dalam mendukung visi mewujudkan masyarakat yang harmonis dan menjaga keutuhan Nngara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pencanangan Sekolah SMA 5 Baubau sebagai Agen Moderasi Beragama, disaksikan oleh berbagai pihak; FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Kota Baubau, La Ija. Akademisi IAIN Kendari, Rektor, Dekan FUAD, Wakil Dekan 1, 2, dan Kabag TU FUAD, beserta jajarannya. 165 siswa SMA 5 Baubau, Beserta Pimpinan dan Guru SMA 5 Baubau.

Ketua Panitia, Samsuri dalam laporannya menguraikan dasar kegiatan ini dari surat tugas Rektor IAIN Kendari tentang pencanganan moderasi beragama, tujuannya memberikan pemahaman kepada siswa siswi, pentingnya mengetahui moderasi beragama. “Yg diharapkan adalah senantiasa memiliki komitmen yang tinggi; akan komitmen kebangsaan, bersikap toleran dalam beda agama, suku, budaya, Biasakan hidup rukun.”

Lebih lanjut, Dosen Program Studi Manajemen Dakwah ini menghimbau untuk senantiasa berperilaku anti kekerasan, atau membuli, rela dan menerima budaya dan kebiasaan. “Pencanangan ini mengharapkan siswa menjadi Agen Moderasi Beragama. Mulai dari agen gas elpiji sebagai penyalur moderasi Ketika bertemu orang per orang di warung atau tempat jualan, sampai sepenuhnya menjadi pusat moderasi beragama. Sehingga, siswa menjadi wujud kompak kepada sesama pelajar”, Ujarnya.

Pencanangan dimulai dengan rentetan kegiatan; Menyanyikan Hymne Indonesia Raya oleh seluruh peserta kegiatan, Pembacaan Doa oleh Wakil Dekan 1 FUAD, Aminudin; Sambutan kepala Sekolah SMA 5 Baubau, Isniaini, Sambutan Rektor IAIN Kendari; Husein Insawan, dan Ikrar Moderasi Beragama dengan penandatanganan oleh perwakilan Angkatan siswa SMA 5 Baubau sebanyak 3 siswa/siswi dari masing-masing kelas X, XI, dan XII.

Sembilan orang yang dipilih berasal dari siswa siswi Agama Islam, Kristen, dan Hindu. Pengesahan Agen moderasi turut disaksikan oleh Rektor IAIN Kendari dan Jajaran Pimpinan FUAD, Perwakilan FKUB Kota Baubau, dan Diknas Kota Baubau; Kepala Sekolah SMA 5 Baubau; Isnaini, beserta guru dan siswa.

Ucapan Terima Kasih FUAD kepada SMA 5 Baubau, respon cepat dan kebersediaan guru-guru dengan kegiatan pencanangan sekolah agen moderasi. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan salam kerukunan; rukun, rukun, rukun, BERSATU !

(/Ria.C)

slot gacor