FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH MELAKSANAKAN PEMBEKALAN PPL TAHUN 2020

FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH MELAKSANAKAN PEMBEKALAN PPL TAHUN 2020

KENDARI, FUAD, 06 Januari 2020 melaksanakan pembekalan PPL bagi mahasiswa semester VI. Dalam kegiatan tersebut Dekan FUAD yakni Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd menyampaikan bahwa: “Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah satu tahapan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa sebelum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). PPL pada tahun 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini PPL dilaksankan tidak beririsan dengan perkuliahan mahasiswa, sehingga mahasiswa bisa lebih fokus dalam menjalani PPL. Selain itu, PPL pada tahun ini merupakan peserta terbanyak jumlah mahasiswa yang mengikutinya dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Sehingga dekan berharap bukan hanya dari segi kuantitas yang melonjak tajam, akan tetapi harus juga dibarengi dari segi kualitasnya.

Kegiatan PPL Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kendari yakni Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. Dalam kegiatan tersebut ada beberapa pointers yang disampaikan beliau, yaitu: “ PPL adalah bagian dari proses akademik bagi mahasiswa. Selain itu, dengan mahasiswa harus melakukan PPL karena berkaitan dengan kehidupan kita. Dalam teori psikologi bahwa berkaitan dengan relasi kemanusiaan dikenal beberapa aliran antara lain: aliran nativisme, aliran empirisme, dan aliran konvergensi. Selain itu, bagi peserta PPL perbaiki performance di tempat PPL. Baik dari segi sikap, tutur kata dan karakter (akhlak) sehingga dapat menjaga nama baik  pribadi dan Institusi.”

Dalam pembekalan PPL tersebut ada beberapa materi yang harus diikuti oleh peserta PPL, yaitu: Etika Bekerja di Lembaga Pemerintahan, Mekanisme Pelaksanaan PPL, Pelaksanaan Human Relation Dalam Organisasi dan Penyusunan Laporan PPL. Semua peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.