DEMA FUAD Dan HIPSI Gelar Seminar Nasional Kewirausahaan

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari bekerja sama dengan Himpunan Pengusaha Santi Indonesia (HIPSI)  dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) IQT, BPI, MD, Senat Mahasiswa (SEMA) FUAD IAIN Kendari, menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan dengan bertemakan “membentuk Mahasiswa Berjiwa Entrepreneur dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” yang sekaligus membentuk kepengurusan Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) dan pelantikan anggota baru di Kota Kendari yang bertempat di Aula Mini Perpus pada Sabtu (29/12/2018).
Seminar ini menghadirkan pemateri asal Kota Batu, Jawa Timur Fathul Yasin selaku sekretaris HIPSI Pusat dan sebagai Direktur CMS Times Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat betapa pentingnya membangun jiwa kewirausahaan dalam diri mahasiswa. Zainul Abidin selaku Ketua DEMA menjelaskan “Kegiatan ini bertujuan untuk mahasiswa yang bukan sekedar Agent of change, Agent social and control ataupun aktivis yang akademisi tetapi disisi lain mahasiswa juga harus berjiwa entrepreneur, mengajarkan mahasiswa untuk mandiri”. Jelasnya
Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 200 mahasiswa, dengan mengundang beberapa organisasi luar kampus yang meliputi Pelita Islam Sulawesi Tenggara (PILAR), Komunitas Berbagi Kebaikan (KBK) dan mengundang beberapa lembaga yang ada di dalam kampus, di antaranya Radio Fajar IAIN Kendari, KREASI dan Komaps.
Ketua DEMA juga berharap, “dengan diadakannya kegiatan ini mahasiswa mampu mandiri di era milenial. Di era milenial ini adalah peluang mahasiswa untuk menghasilkan sebuah usaha terbuka lebar serta mampu meringankan beban ketika mahasiswa melanjutkan studi nantinya”.

Selain acara seminar nasional pada kesempatan itu pula sekaligus diadakan acara pelantikan pengurus baru HIPSI cabang Sulawesi Tenggara yang berpusat di  Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Kendari.  Pengurus baru sekitar 80 Mahasiswa dari berbagai Fakultas di IAIN Kendari.  HIPSI merupakan sebuah peluang baru bagi para santri khususnya Mahasiswa IAIN kendari untuk memulai hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang tua dan menghasilkan potensi baru pengusaha muda yang mempunyai kretifitas di bidang wirausaha.
Fathul Yasin sebagai sekertaris HIPSI menjelaskan, “tujuan kami membentuk HIPSI ini dan membuka cabang baru di SULTRA khususnya IAIN Kendari  untuk menumbuhkan potensi serta kreativitas santri Indonesia  dalam hal ini peluang baru dalam Ekonomi pemberdayaan umat yang akan menjadi pelopor dalam terbentuknya Enterpreneur muda.”jelasnya.
Dengan terbentuknya cabang baru HIPSI di SULTRA ini menjadi  peluang baru bagi para santri Indonesia khususnya  IAIN Kendari dalam hal ini perekonomian umat yang akan membantu penghasilan pundi-pundi Rupiah bagi para pelajar atau santri di Indonesia.Ia juga berharap “sebagai  yang pertama di SULTRA khusunya di IAIN Kendari jadilah  santri Indonesia yang dapat menghasilkan potensi baru dalam hal ini menjadi Enterpreneur muda dan jadilah pemimpin dalam pemikiran dan pemimpin dalam tindakan. karena ini merupakan cabang baru pertama di SULTRA maka itu yang harus diutamakan.” tutupnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.