Prodi Manajemen Dakwah Bentuk Komunitas Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Sedekah

Sebagai bentuk aplikasi dari ilmu yang telah didapatkan dalam proses perkuliahan, maka program studi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari membentuk komunitas Unit Pengelola Zakat, Infaq, dan Sedekah, yang beranggotakan seluruh mahasiswa prodi manajemen dakwah dari semua angkatan. Kegiatan pembentukan komunitas tersebut dihelat di Pantai Toronipa Kabupaten Konawe. Acara pembentukan komunitas tersebut sekaligus sebagai ajang silaturahmi antara dosen dan seluruh mahaiswa program studi Manajemen Dakwah. Acara ini turut dihadiri oleh wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan, serta Kabag Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah.  

Menurut Aminuddin selaku ketua prodi Manajemen Dakwah, tujuan dibentuknya komunitas ini sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu mengenai pengelolaan zakat,infaq, dan sadekah yang telah mereka pelajari dalam materi perkuliahan. Dengan dibentuknya komunitas ini pula dapat menjadi wadah bagi seluruh civitas akademika IAIN Kendari yang ingin menyalurkan zakat, infaq, dan sedekahnya kepada pihak yang berhak menerima. Zakat, infaq dan sedekah yang telah dikumpukan diharapkan dapat disalurkan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membiayai kuliahnya ataupun pihak lain yang sangat membutuhkannya.

Menurut Sulkifli mahasiswa Manajemen Dakwah semester V yang terpilih menjadi ketua komunitas, program awal yang akan mereka lakukan adalah mengadakan “Jumat Koin”. Setiap hari Jumat mahasiswa yang tergabung dalam komunitas zakat, infaq, dan sedekah akan berkeliling ke seputaran kampus IAIN Kendari untuk mengumpulkan zakat, infaq, dan sedekah berupa uang koin, yang biasanya diaanggap tidak bernilai oleh sebagian orang , namun apabila dikumpulkan dalam jumlah banyak akan bernilai dan bermanfaat bagi yang membutukan. Program selanjutnya akan dibuat lagi berdasarkan hasil diskusi dengan beberapa devisi yang telah dibentuk. Sebagai tindak lanjut dari pembentukan komunitas ini, akan melakukan kerja sama dengan pihak BAZNAS provinsi Sulawesi Tenggara.

Leave a Reply