Prodi BPI IAIN Kendari bersama LPKA Kelas II Bersinergi Memperkuat Pendampingan Konseling Terhadap Anak Binaan di Kendari

KENDARI-FUAD. Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan Masyarakat Binaan di LPKA Kelas II Kendari, kegiatan ini mengusung tema: “Mengenali dan Menemani Anak Binaan dengan Pendekatan Psikologis” dan sukses dilaksanakan padaSenin, 23 Agustus 2021.Kegiatan tersebut disambut langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan KANWIL KEMENKUMHAM SULTRA yakni Bapak Drs. K.H. Muslim, M.Si dan Kepala LPKA BapakAkbar Amnur, A.Md.IP., SH., M.Si dan dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Kendari yakni Ibu Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd selaku narasumber dalam kegiatan tersebut.

Masyarakat binaan di LPKA Kelas II Kendari secara resmi telah dimulai,  walaupun sebelumnya sudah ada pra kegiatan awal yaitu melakukan Assesment terhadap anak binaan untuk memetakan isu-isu kesehatan mental yang prioritas dan perlu segera mendapatkan pendampingan psikologis.Target dari pendampingan terdiri atas para pembina /pendamping,  anak binaan, dan orang tua anak binaan.

Selain itu, pendampingan juga dilakukan pada program psikoedukasi yang telah diselenggarakan oleh LPKA Kelas II bagi anak binaan yang akan bebas. Sehingga ketika mereka meninggalkan LPKA anak-anak memiliki bekal agar tidak terjerumus kembali kepada hal-hal negativ yang merugikan mereka.Adanya pelibatan mahasiswa BPI sebagai konselor teman sebaya bagi mereka. Dan menggandeng KOMAPS sebagai wadah pengembangan diri bagi mahasiswa BPI.

Dengan terselenggaranya kegiatan tersebut menambah erat kerja sama antara Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) FUAD IAIN Kendari dengan LPKA Kelas II Kendari.