DAKWAH LINGKUNGAN, FUAD DIRIKAN MINI BANK SAMPAH

Peduli akan lingkungan khususnya sampah terus menjadi permasalahan yang kompleks dan terus berlanjut di kalangan masyarakat umum maupun dikalangan kampus, khususnya di kampus yang memiliki aktivitas massa yang rutin setiap harinya bahkan rutinitas dihari libur menjadikan lingkungan kampus berpotensi menjadi penyumbang sampah terbesar dalam suatu kota.

Fenomena permasalahan sampah ini yang terus berlanjut membuat Sivitas Akademika Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari termotivasi untuk berperan dalam mengurangi sampah di kampus khsusunya di IAIN Kendari dengan membangun program “MINI BANK SAMPAH” di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah.

MINI BANK SAMPAH adalah hasil dari riset pengabdian masyarakat yang dilakukan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam pada 2021 yang lalu. MINI BANK SAMPAH ini sangat bermanfaat dikalangan kampus IAIN Kendari karena selain bisa mengurangi sampah yang dibuang sembarang tanpa kesadaran, adanya program ini sampah bisa mengajarkan kepada mahasiswa untuk menabung dengan sampah yang akan dikonversi menjadi sejumlah uang sesuai berat dan jenis sampahnya.

 

MINI BANK SAMPAH yang terletak di Gedung Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah lantai 1 ini terus mengkampanyekan dan sosialisasi kepada kalangan para Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa agar tidak membuang sampahnya sembarangan tetapi bisa di sedekahkan sampahnya dan di jadikan uang dengan membawa sampahnya di MINI BANK SAMPAH. Tabungan sampah tersebut kemudian akan diberikan kepada wirausaha yang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Kendari.

Mendapat dukungan dan motivasi dari petinggi kampus para pengelola dan relawan merasa senang dan bahagia sebab para petinggi kampus menaruh perhatian besar terhadap lingkungan kampus khususnya hadirnya MINI BANK SAMPAH. Sederhana akan tetapi memiliki efek yang besar baik terhadap lingkungan maupun kampus. Secara ekonomi bisa memberikan pendapatan tambahan dari sampah, juga membangun konsep green campus, dan merupakan juga dakwah lingkungan agar publik lebih sadar akan pentingnya menjaga lingkungan sekitarnya.

Tepatnya 3 januari 2022 pada peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kemenag RI, Rektor IAIN Kendari (Prof. Dr, Faizah Binti Awad, M.Pd) di dampingi Ketua Senat (Prof. Dr. H Zukifli, M., M.Si, M.Pd), Wakil Rektor I (Dr. Husain Insawan, M.Ag), dan Wakil Rektor II (Prof. Dr. Batmang, S.Ag, M.Pd) menyempatkan diri berkunjung ke MINI BANK SAMPAH di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah kemudian memberikan motivasi, dukungan, dan apresiasi terhadap pengelolah MINI BANK SAMPAH, juga tidak lupa ber-swafoto dengan relawan dan pengelolah MINI BANK SAMPAH.

Prof. Dr. Batmang, S.Ag, M.Pd selaku Wakil Rektor II langsung mengobservasi lokasi MINI BANK SAMPAH sambil mengarahkan Wakil Dekan II Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah untuk berkoordinasi agar tempat tersebut mendapatkan pembenahan. Dengan ini Pimpinan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah mengucapkan terima kasih kepada Rektor, Ketua Senat, Wakil rektor I, dan Wakil Rektor II atas kunjungannya.

Pengelola MINI BANK SAMPAH Fuad Ke depannya akan membuat program koperasi bank sampah yang akan menyediakan jasa dan alat tulis kantor keperluan mahasiswa yang bisa di beli dengan menukarkan sampahnya.

 

Penulis : Dhilal

Editor : Yusy

slot gacor