PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM MENGGELAR KEGIATAN NGOBROL SANTAI BERSAMA ALUMNI (OBRAL SERIES) ONLINE

Pada kamis, 17 Juni 2021 program studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari melaksanakan kegiatan Ngobrol Santai Bersama Alumni (OBRAL) Seri 1 bertemakan “Road to be Penyuluh Teladan”. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Irma Purnamayanti.,S.Sos.I., M.Sos.I., merupakan Alumni Program Studi BPI Jurusan Dakwah Tahun 2012 dan sekarang bertugas sebagai penyuluh agama Islam KUA Murhum/Batupoaro Kota Baubau. Ia juga pernah menjuarai lomba Penyuluh Teladan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara dan meraih Juara II.Adapun narasumber kedua adalah Ibu Nurhidayat., S.Sos.I. yang merupakan Alumni KPI Jurusan Dakwah Tahun 2010 dan sekarang bertugas sebagai penyuluh agama fungsional Kec.Kokalukuna Kota Baubau. Ia sendiri merupakan kandidat Penyuluh Teladan 2021. Maka demikian kehadiran kedua alumni sangat pas dengan tema yang diusung oleh Program Studi BPI dalam OBRAL seri perdana ini. Diharapkan kegiatan OBRAL ini selain sebagai ajang silarrahim antara alumni, dosen dan mahasiswa Program Studi BPI, juga bisa menjadi wadah sharing pengalaman dan motivasi dari para alumni yang telah lebih dahulu berkecimpung di masyarakat dan sukses berkarir. Kegiatan Ngobrol bersama Alumni ini digelar secara daring dan diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, para Pimpinan Fakultas, Dosen, Alumni FUAD dan juga diikuti oleh penyuluh dari beberapa KUA di Sultra.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sambutan ketua panitia yaitu ibu Widya Ningsih., M.Si. dan ketua program studi BPI ibu Dr. Ni’matuz Zuhrah, Lc., M.Th.I. Keduanya menuturkan bahwa kegiatan OBRAL series ini selain untuk menjalin kembali silaturrahim dengan para Alumni Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah khususnya Alumni BPI, juga agar mahasiswa bisa memperoleh semangat, insight dan inspirasi baru dari para seniornya yang sudah lebih dulu berkecimpung di Masyarakat. Selain itu, tentunya prodi membutuhkan saran dan sumbangsih pemikiran serta pengalaman dari para alumni agar terus bisa memperbaiki diri demi mewujudkan visi misi Prodi yaitu menjadi Prodi yang UNGGUL dalam bidang bimbingan dan penyuluhan Islam.

Selanjutnya Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) bapak Dr. Nurdin., S.Ag., M.Pd. memberi sambutan dan membuka kegiatan ini secara resmi. Beliau menuturkan bahwa Fakultas sangat mengapresiasi kegiatan OBRAL ini. Kegiatan ini merupakan terobosan yang sangat positif dan pertama dilakukan di IAIN Kendari. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena menjadi jembatan yang menghubungkan antara fakultas, prodi, mahasiswa dan Alumni. Ini merupakan kesatuan untuk mewujudkan  program studi  yang unggul. Kedepannya, para mahasiswa yang merupakan calon penyuluh harus lebih peka pada masalah dan  isu-isu kekinian di masyarakat, salah satunya dimulai dengan belajar dari pengalaman para alumni.

Kegiatan dipandu oleh ibu Khairunnisa Syamsu, M.Pd. selaku moderator. Sharing session dilakukan secara panel dengan obrolan yang asik dan santai bersama kedua narasumber. Obrolan diawali dengan narasumber yang menceritakan pengalaman-pengalaman yang menarik dan berkesan sewaktu kuliah di Jurusan Dakwah IAIN Kendari dan dilanjutkan dengan sharing pengalaman dalam meniti karir dan gambaran tentang profesi penyuluh. Narasumber juga berbagi kiat-kiat sukses dalam kuliah dan meniti karir hingga pada akhirnya sukses sebagai penyuluh teladan. Tidak lupa memberikan masukan-masukan untuk pengembangan program studi BPI kedepannya.  Salah satu narasumber menuturkan bahwa sekarang ini diantara 1500 penyuluh agama cuman 20 persen lulusan BPI. Disinilah kesempatan Program Studi untuk melihat JEMBATAN EMAS itu, hendaknya lulusan BPI benar benar dipersiapkan untuk menjadi lulusan yang siap pakai, serba bisa dan memiliki kompetensi komunikasi yang baik dan dekat dengan teknologi.

Kegiatan Ngobrol Santai diakhiri dengan sesi diskusi antara narasumber dengan beberapa mahasiswa. Dari kegiatan ini, para mahasiswa mengakui semakin semangat dan cinta dengan Program Studi BPI, sebagaimana diungkapkan oleh Rahmat Aziz, Mahasiswa Prodi BPI 2020, Ia menuturkan: “Ma sya Allah, setelah mendengar pengalaman kedua narasumber dan ilmu-ilmunya membuat saya semakin cinta dengan prodi BPI”. Begitu juga disampaikan oleh Maya Sastika, Mahasiswa Prodi BPI 2018: “Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menginsipirasi sekali, karena yang kami butuhkan tidak hanya teori-teori saja, melainkan juga pengalaman langsung, terimakasih pada kedua kanda narasumber”.

Rencananya, kegiatan OBRAL ini akan dilaksanakan secara rutin dan berseri setiap sebulan sekali dengan menghadirkan alumni-alumni IAIN Kendari khususnya alumni Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah dengan tema-tema yg menarik dan bermanfaat bagi pengembangan diri mahasiswa, lulusan dan program studi.