PRODI IQT SUKSES MELAKSANAKAN KEGIATAN WEBINAR PENGABDIAN MASYARAKAT DENGAN TEMA” AL-QUR’AN DARI BERBAGAI SUDUT PANDANG”

KENDARI, FUAD. Pengabdian kepada  masyarakat merupakan salah satu tridharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab yang luhur dalam usaha pengembangan kemampuan masyarakat dengan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah. Pada hari ini, 22 September 2020 Program Studi Ilmu Al-Qur’an, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Kendari menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dengan kegiatan webinar Nasional. Kegiatan webinar tersebut dibuka langsung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FUAD yakni Ibu Sitti Fauziah M, S.Pd.I., M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa: “Narasumber yang ada memiliki kompetensi dibidang Al-Qur’an dan sangat relevan dengan tema webinar prodi IQT kali ini. Dan tak lupa beliau mengajak seluruh peserta agar memetik ilmu dari kedua narasumber”.

Kegiatan Webinar dipandu oleh moderator Dr. Fatirawahidah, M.Ag dengan pemateri pertama Dr. Yusuf Rahman, M.A. Pada kegiatan tersebut beliau memaparkan tentang Tren Moderen dalam Kajian Al-Qur’an dan Tafsir. Labih lanjut lagi beliau memaparkan bahwa kajian terhadap al-Qur’an dan tafsir tidak pernah berhenti dan tidak pernah selesai, kajian tentang literatur tafsir juga belum menyeluruh dikaji oleh masyarakat. Sehingga menjadi tantangan bagi para dosen untuk selalu mengkaji Al-Qur’an. Karena, masih banyak sekali wilayah-wilayah yang belum terkaji oleh para ulama dan sarjana. kalaupun sudah ada yang mengkaji masih bisa dikaji ulang.

Lebih lanjut lagi beliau menyampaikan bahwa agar para sarjana ulama-ulama perempuan ikut terlibat dalam penulisan karya-karya modern kajian Al-Qur’an, karena selama ini lebih banyak laki-laki yang melakukan penelitian ke arah baru. Tutur beliau.

Selanjutnya pemateri kedua adalah Dr. Inayah Rohmaniyah, M.Hum., M.A menyampaikan tentang Studi Islam dan Dimensi Al-Qur’an, beliau memaparkan bahwa studi al-Qur’an merupakan bagian dari studi Islam. Studi Islam menempatkan al-Qur’an sebagai objek yang dikaji. Ketika kita melakukan studi maka kita melihat al-Qur’an itu sebagai sesuatu yang berada di luar kita yang akan kita telaah/teliti. Ungkap Beliau.

Dengan terselenggaranya kegiatan Webinar Pengabdian Masyarakat Prodi IQT menambah khasanah keilmuan tentang Al-Qur’an khususnya di IAIN Kendari, dan juga menjadi ajang memperkenalkan Prodi IQT hususnya di seluruh wilayah Indonesia melihat peserta yang ada terdiri dari beberapa provinsi di Indonesia.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

slot gacor