Workshop Pendampingan Akreditasi Jurnal, Irfan : Harus Ada Sufisme Jurnal, Teologi Jurnal

“Tips dan Trik Jurnal Terindeks Scopus”

IAIN Kendari – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Kendari menyelenggarakan Workshop Pendampingan Akselerasi Akreditasi Jurnal 2023, menyasar 50 orang peserta dari para peneliti, dosen, pengelola jurnal di lingkungan IAIN Kendari, dan Kampus Unsultra (Universitas Sulawesi Tenggara), Mandala Waluya, dan Universitas Halu Oleo. Kegiatan pendampingan jurnal dilaksanakan dalam dua hari, Senin s/d Selasa (19-20 Juni 2023).

Tim penyusun jurnal FUAD (Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah) IAIN Kendari, Al-Munzir jurnal KPI (komunikasi dan Penyiaran Islam), EL-Maqro’ jurnal Ilmu ALquran dan Tafsir, Mercusuar Umat Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, dan Nazzam Jurnal Manajemen Dakwah turut berpartisipasi dalam Workshop Pendampingan Jurnal.

Dua pemateri berpengalaman, Basid dan Irfan memberikan pembekalan dan bimbingan kepada para peneliti dan dosen dalam mempersiapkan jurnal-jurnal yang akan diajukan untuk proses akreditasi tahun 2023 sebagai program strategis dalam meningkatkan kualitas dan reputasi jurnal-jurnal yang diterbitkan juga publikasi ilmiah yang berkualitas dan memenuhi standar akreditasi.

Pemateri kedua, Irfan,  Guru Besar Bidang Hukum Islam menyampaikan, pengelola jurnal harus fokus pada bidang keilmuan yang linier demi mempertahankan kualitas dan standar yang tinggi. “Jurnal harus berada pada bidang keilmuan yang spesifik, semua unsur pengelola jurnal mulai Editor in Chief dan editor harus memiliki bidang keilmuan yang linear. Pengetahuan mendalam tentang topik yang dibahas dalam jurnal secara efektif dapat mengevaluasi artikel yang masuk untuk memastikan kesesuaian dengan kriteria jurnal. Sehingga, meningkatkan kualitas dan validitas jurnal Anda; Harus Ada Sufisme Jurnal, Teologi Jurnal,” Kata Irfan.

Para peserta diajak memahami kriteria dan indikator yang digunakan dalam penilaian akreditasi jurnal, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan jurnal yang ada, serta merencanakan strategi perbaikan dan peningkatan kualitas jurnal. Kegiatan ini juga membahas tentang manajemen penerbitan jurnal, proses editorial, kebijakan publikasi, dan strategi pemasaran jurnal agar dapat mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan citasi publikasi. slot gampang menang

Dengan adanya Workshop Pendampingan Akselerasi Akreditasi Jurnal 2023 ini, diharapkan bahwa jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh IAIN Kendari dapat memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan dan memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam perkembangan ilmu pengetahuan. (/R.Com)

slot gacor