Bedah Buku Komunikasi Keluarga, Dekan FUAD : Rumahmu Surgamu, Rumahku Surgaku

Sabtu, 27 Mei 2023—Tema Bedah buku “Jalan Menuju Ketahanan Keluarga Dalam Era Digital,”sukses digelar di Aula Mini Kampus IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Kendari. Acara ini menyasar hampir seratus orang yang antusias meningkatkan kualitas komunikasi di dalam rumah tangga. Berbagai lini institusi yang hadir seperti Dinas KUA Baruga, Pemberdayaan Perempuan, segenap sivitas akademika kampus Unusra dan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari.

Penulis Buku, Hafied Cangara, pakar komunikasi Indonesia menjelaskan dakwah dan komunikasi harus saling mengisi dan membangun. Kemajuan sumber komunikasi pemicu terbesar konflik di Era Digital ini, Kasus Pelakor dan Pebinor, maraknya perceraian menjadi kasus mengglobal bahkan di seluruh dunia, tegasnya”.

Dekan FUAD, keynote speaker mengawali acara bedah buku ini. Menurutnya, Gaya hidup hedonistik, life style, dan ketidakmampuan secara lahir dan batin sebabkan perselingkuhan suami istri. Akademisi, penyuluh, pihak pemerintahan sebaiknya lebih mengaji buku ini.

Pembedah buku, Kuraidah mengungkapkan kegembiraannya atas acara tersebut. Buku ini memberikan sudut pandang baru tentang keluarga dan memberikan solusi praktis untuk  diterapkan sehari-hari. “Buku ini memberikan banyak hal, data baru, dan mengejutkan bagi saya,” Ungkap Kuraedah di sela bedah buku.

Pembedah buku lainnya, Ichsan, mengungkapkan cara penulisan buku yang mengalir untuk dibaca ke para pembaca. “Komunikasi yang kita bangun, haruslah dengan hikmah ataupun diskusi,” tanggapannya lebih lanjut “dengan berdebat, jadal yang baik”.

Acara ini juga melibatkan sesi tanya jawab dipandu oleh moderator, Yusy Rifah Halid. Banyak pertanyaan menarik muncul, seperti tentang membedakan individu dan menghormati perbedaan individu dalam keluarga, yang diajukan oleh Yusdinal, Mahasiswa KPI.

Kegiatan bedah buku komunikasi keluarga ini diakhiri dengan sesi penandatanganan buku oleh Penulis dan pemberian plakat dari pihak IAIN Kendari sebagai kenang-kenangan. Suksesnya kegiatan bedah buku ini, diharapkan semakin banyak keluarga yang menyadari pentingnya komunikasi yang baik dalam membangun hubungan yang sehat dan harmonis seperti Hadits Rasulullah Rumahku Surgaku, Rumahmu Surgamu. (/Rc)

slot gacor