PRODI KPI SUKSES MENGGELAR KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT LEWAT VIRTUAL

KENDARI, FUAD, Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain Dharma pengajaran dan penelitian. Begitu juga di Perguruan Tinggi IAIN Kendari, pengabdian masyarakat  merupakan kegiatan rutin yang selalu dillaksanakan tiap tahunnya.  Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam FUAD IAIN Kendari melaksanakan pengabdian masyarakat dengan menggelar Webinar yang bertema “Peluang dan Tantangan Berkomunikasi di Era Milenial” pada Senin, 28 September 2020.

Kegiatan pengabdian masyarakat Prodi KPI tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang  terjun ke lapangan dan bersentuhan dengan masyarakat secara langsung. Namun kegiatan kali ini harus diselenggarakan secara virtual, mengingat sekarang kita semua berada di tengah-tengah pandemi Covid 19 yang mengharuskan kita selalu menjaga jarak dengan yang lainnya.

Sambutan Dekan FUAD Bapak Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd

Pada kegiatan webinar kali ini Prodi KPI menghadirkan dua pemateri yaitu Maya Rachma, M.SC dan Fitrawan Umar, S,T., M.SC. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Dekan FUAD yakni Bapak Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “ Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan kegiatan rutin akademik yang diselenggaran oleh Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah. Dan karena pengaruh covid 19 menjadikan kegiatan ini diselenggarakan secara virtual. Namun, menjadikan kegiatan ini berbeda yang biasanya dilakukan  hanya bersifat lokalistik di Sulawesi Tenggara, kini kegiatan pengabdian masyarakat dapat dilakukan berskala nasional dengan menghadirkan kedua pemateri tersebut. Sebenarnya tema yang diangakat merupakan breakdown dari bahasa pasar komunikasi antara peluang dan tantangan.  Tema ini perlu diangkat untuk meneguhkan keyakinan hususnya para mahasiswa KPI di IAIN Kendari terhadap pilihan mereka mengambil Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, dan menjadikan ajang pengembangan  dan penguatan kapasitas  bagi mahasiswa KPI.” Ungkap Beliau.

Pemateri pertama Maya Rachma, M.SC

Selanjutnya pemateri pertama yakni Maya Rachma, M.SC, yang merupakan Dosen, Jurnalis, dan Professional Public Speaker, memaparkan tentang Public Speaking Di Era Generasi Millenials. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa public speaking merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap orang terutama di era sekarang ini. Kegiatan tersebut merupakan menyampaikan informasi dimuka public secara jelas, berasalan, dengan artikulasi yang baik, dan tersampaikan secara afektif. Misalnya saja ketika kita menjadi MC pada sebuah acara, maka kita harus bisa membedakan apakah acara tersebut formal atau non formal, karena akan ada perbedaan dalam membawakannya terutama dalam masalah suara.

Lebih lanjut lagi beliau menyampaikan bahwa dalam Public Speaking salah satunya adalah percaya diri, dan hal tersebut bisa dibangun dengan perbanyak pengalaman, persiapan yang matang, berlatih sebelum tampil dan tidak menganggap rendah diri sendiri. Begitu juga ketika kita melakukan kesalahan, kita harus memaafkan diri sendiri dan mencoba bangkit kembali”. Tutur beliau.

Pemaparan Pemateri kedua Fitarawan Umar, S.T., M.Sc

Kemudian pemateri kedua yaitu Fitrawan Umar, S.T., M.SC yang merupakan Dosen dan Penulis. Materi yang beliau angkat adalah Seni Bekomunikasi dengan Menulis. Dalam paparan beliau menyampaikan bahwa Ulama-ulama dan tokoh-tokoh bangsa merupakan seorang penulis. Kemudian  motivasi menulis dari segi psikologis seseorang adalah untuk memberi kepuasan, memberi kebahagiaan, terapis dan pengikat ilmu. Sedangkan dari segi materil adalah untuk popularitas karena dengan pekerjaan menulis dapat lebih cepat meningkatkan popularitas seseorang. Yang kedua adalah finansial dan yang ketiga adalah personal branding. Lebih lanjut lagi motivasi yang ketiga adalah keabadian dan pahala jariyah. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menulis agar tidak menyesatkan seseorang.

Selain itu, terkait menulis apakah sebuah bakat? Ketika kita merasa tidak ada bakat, maka timbulkanlah minat untuk menulis. Karena dalam menulis kita harus komitmen, konsisten, membaca, menonton, diskusi dan bepergian. Karena kita tidak mungkin dapat menulis tanpa membaca dari buku-buku atau media yang lainnya. Dan yang terakhir adalah sabar.

Dengan terselenggaranya kegiatan webinar ini, semoga menambah wawasan keilmuan bagi seluruh peserta terutama Prodi KPI lingkup IAIN Kendari, selain itu dengan kegiatan ini juga merupakan ajang memperkenalkan Prodi KPI FUAD IAIN Kendari kepada Khalayak Umum.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

slot gacor