Mahasiswa Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir Menjadi Duta Literasi IAIN Kendari

Erba Putra Diansyah mahasiswa Program Studi Ilmu Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah semester IV IAIN Kendari, memenangkan pemilihan duta literasi yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bahasa IAIN Kendari.Kegiatan pemilihan duta literasi bertujuan untuk memperkenalkan UKM Bahasa agar namanya kian bergaung, tidak hanya di lingkup IAIN tetapi juga diharapkan sampai pada lingkup nasional. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan minat membaca dan menulis pada mahasiswa IAIN Kendari.  Kegiatan ini juga dilakukan untuk mensosialisasikan akan pentingnya literasi (kemampuan membaca dan menulis), karena menurut UNESCO, Indonesia berada di urutan 60 dan 61 negara dalam minat baca. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih sangat tertinggal dari negara-nega maju lainnya dalam hal menulis dan membaca.

Sebelum meraih gelar Juara 1, Erba yang memiliki penampilan yang bersahaja dan memiliki suara yang indah (saat ini menjadi salah satu vokalis Hadrah Al-Fuad), mengikuti  beberapa tahap seleksi, yang pertama adalah tahap seleksi berkas, selanjutnya tahap wawancara, pada tahap wawancara tersisa 22 peserta yang berasal dari prodi yang berbeda-beda antara lain KPI, IQT, PAI dan Bahasa Inggris. Setelah itu diadakan karangtina dan malam puncak pada tanggal 25 Mei 2018 di Auditorium Kampus IAIN Kendari. Pada malam puncak dipilih 10 besar peserta dan selanjutnya dipilah lagi menjadi  3 besar oleh Juri dari dalam lingkup IAIN Kendari, yaitu Abdul Halim, M.TESOL, Syamsuddin M.Pd. dan Drs. Abbas Takeng,M.Pd.

Adapun program-program yang akan dilakukan oleh duta literasi ini menurut Erba adalah mensosialisasikan tentang literasi di kalangan mahasiswa dalam lingkup kampus IAIN Kendari tentunya dan program mengajar siswa SD, SMP, dan SMU di kampung makassar.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

slot gacor