Workshop Penguatan Fungsional IAIN Kendari, Anas Imbau Kolaborasi Ilmiah Interdisipliner

Kendari, [26/09/2023] – Workshop Penguatan Jurnal di Gedung Aula Mini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, menghadirkan narasumber, Muhammad Anas Ma`arif. Kegiatan ini menyasar 50 dosen Lingkup IAIN Kendari dari berbagai bidang ilmu. Anas menyarankan kolaborasi ilmiah interdisipliner, upaya meningkatkan kualitas publikasi jurnal. “Kolaborasi ilmiah antar-disiplin adalah salah satu kunci untuk memecahkan masalah kompleks dan mendorong inovasi dalam penelitian. Ketika para peneliti dari latar belakang yang berbeda bekerja bersama, kita dapat menghasilkan penelitian yang lebih komprehensif dan relevan.”

Dosen sekaligus Editor Jurnal Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto ini menyoroti penelitian dan publikasi jurnal yang melintasi batas disiplin ilmu, dapat memberikan pandangan yang lebih holistik dan kontribusi yang lebih besar.

Kepala Pusat Penilitian IAIN Kendari, Fahmi Gunawan menyambut baik pandangan Anas dan menyatakan, “Kami berkomitmen untuk mendukung visi penelitian berkualitas dan berkelanjutan di IAIN Kendari. Kolaborasi interdisipliner adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan ini. LP2M melontarkan dana sampai 5 Juta Rupiah untuk riset Bapak/Ibu sekalian” tuturnya. Harapan fahmi, workshop ini mengilhami lebih banyak peneliti di IAIN Kendari menghasilkan penelitian yang lebih beragam, bahkan menempuh jurnal internasional bereputasi.

Foto bersama narasumber dan peserta kegiatan, menandai sesi akhir workshop hari ini. (/Ria-C)

slot gacor