Kendari, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, Indra Gunawan Mansyur hadir sebagai Dosen Tamu membahas Manajemen Komunikasi Lintas Budaya (KLB) Terhadap imigran pada mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuludin Adab Dan Dakwa (FUAD) Iinstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.

Kegiatan yang berlangsung di Aula FUAD pada Jumat (15/9/2023) diikuti oleh Sekretaris Prodi Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kendari, Yusrifah Halid, dan Mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam. Sekretaris Prodi Komunikasi Penyiaran Islam mengharapkan, mahasiswa mengenal imigrasi lebih jauh, tidak hanya sebatas tentang ilmu manajemen komunikasinya saja. “Tapi, lebih jauh lagi untuk mengetahui tentang bagaimana sebenarnya imigrasi ini berperan, untuk menjaga keamanan negara sebagai penjaga pembatas negara,” harapnya.

Dalam pemaparannya, Indra Gunawan mengatakan komunikasi adalah proses pertukaran informasi, gagasan atau pesan antara individu maupun kelompok. “Komunikasi juga terjadi dalam berbagai bentuk yakni, secara lisan, tertulis, visual, atau non verbal dan melibatkan berbagai elemen seperti bahasa, suara, gambar, gerakan atau ekspresi wajah,” jelas Indra Gunawan kepada mahasiswa.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KPI, Muhammad Nur Hikmawan mengatakan kegiatan sangat bagus karena kan ini juga pertama kali bagi saya khususnya teman-teman mahasiswa baru, membuka cakrawala mahasiswa tentang imigrasi.

Reporter: Nini Sasmitha, Penyunting : /Ria-C