DISEMINASI KURIKULUM FUAD BERPARADIGMA TRANSDISIPLINER IMPLEMENTASI MBKM

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), IAIN Kendari, mengadakan kegiatan Diseminasi Kurikulum KKNI Berparadigma Transdisipliner Implementasi MBKM Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah yang berlangsung di Hotel Plaza Inn selama 3 hari, (18 s/d 20 Mei 2022).

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan diseminasi tersebut adalah Ketua LPM UIN Yogyakarta, Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si. Adapun kegiatan pada hari pertama yaitu seremonial, sambutan Dekan FUAD, Dr. Nurdin S.Ag., M.pd dan Kepala Biro AUAK, Dr. Basman, M.Ag.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), IAIN Kendari, Dr. Nurdin S.ag., M.pd, menjelaskan perlunya bertukar ide mengenai kurikulum FUAD agar relevan dengan kondisi kekinian.

“Mengapa kegiatan diseminasi kurikulum ini penting? Karena kurikulum kita sudah up to date dan adaptif. Selama ini kita membuat kurikulum tanpa dipublish. Sehingga hanya pembuat kurikulum hanya kita dan Tuhan yang tahu,” candanya saat memberikan sambutan.

Lebih jauh Nurdin menjelaskan betapa perkembangan teknologi harus direspon dengan memasukkan mata kuliah-mata kuliah yang sesuai konteks zaman, tetapi tanpa menghilangkan identitas perguruan tinggi. Ini penting dilakukan oleh FUAD IAIN Kendari demi menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan siap ketika masuk ke dunia kerja.

Oleh karenanya, Dekan FUAD itu meminta kepada seluruh dosen FUAD supaya benar-benar fokus mengikuti kegiatan yang dimaksud. ” Sehingga kegiatan kita dapat memberikan dampak positif untuk FUAD dan IAIN Kendari secara umum,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Biro AUAK IAIN Kendari, Dr. Basman, M.Ag mengatakan hal yang sama mengenai diseminasi penyusunan kurikulum. “Orientasi utama KKNI adalah korelasi antara kurikulum dengan pasar kerja lulusan”. Tegasnya.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan materi penguatan transdisipliner dalam kurikulum, pengantar materi penyusunan kurikulum, dan lanjutan penyusunan materi kurikulum.

Pada pertemuan hari kedua para peserta yang dalam hal ini adalah para dosen dan semua Kaprodi di FUAD mendapat bimbingan langsung dari pemateri ihwal penyusunan kurikulum secara detail dan hal-hal lain terkait sesuai dengan kriteria-kriteria penilaian borang.

“Dalam penyusunan kurikulum kita harus mempertimbangkan banyak hal, seperti visi-misi perguruan tinggi yang diturunkan ke dalam visi-misi prodi,” ucap pemateri, Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si.

Kegiatan diseminasi kurikulum berakhir pada Kamis malam,19 Mei 2022. Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.pd, sangat berterimakasih kepada pemateri, dekan dan jajarannya, serta seluruh peserta yang intens mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

“Ada hal-hal baru yang kita tahu di kegiatan diseminasi kurikulum ini. Untuk itu, saya menyampaikan banyak terimakasih. Harapannya ada tindak lanjut kegiatan diseminasi sampai melahirkan produk kurikulum yang bermutu” pungkasnya saat menutup acara diseminasi penyusunan kurikulum FUAD.

slot gacor