PROGRAM STUDI BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM MENGGELAR KEGIATAN PEMBINAN STUDI PROFESI DENGAN MENGUNDANG ‘DOSEN TAMU’ DARI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA KENDARI

BPI IAIN Kendari, Senin, 30 Agustus 2021 Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari. Melakukan kegiatan Pembinaan Studi Profesi oleh Dosen Tamu (Kuliah 2) dengan tema “Penyuluh Agama Sebagai Jabatan Fungsional (permenpan RB Nomor 9 Tahun 2021) :Tantangan Dan Peluang Bagi Alumni BPI” dengan Dosen Tamu Bapak Marwijid, S.Sos.I., M.Pd. selaku Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kota Kendari. Sebagai opening speech yaitu dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Dr. Nurdin, S.Ag.,M.Pd

Dalam kegiatan kali ini diikuti sebanyak 70 peserta baik yang berasal dari mahasiswa maupun penyuluh agama kota Kendari. Diawal kegiatan yang dimana dibuka oleh Dr. Nurdin, S.Ag.,M.Pd. selaku dekan FUAD mengatakan bahwa ia menggaris bawahi bahwasanya profesi penyuluh yang sekarang harusnya sudah menjadi jabatan fungsional dalam mengembangkan tugas dan amanahnya yang semakin kompleks. Diberi ruang, kewenangan dan tanggung jawab seluas-luasnya, baik secara konteks maupun secara teknis. Beliau juga mengatakan bahwa penyuluh agama membutuhkan transdisipliner keilmuan yang kompleks, dari segi psikologinya, aspek sosiologi, ilmu antropologinya, dan ilmu pengenalan budaya.

Kegiatan ini banyak menjelaskan tentang Profesi penyuluh dianataranya aturan terkait penyuluh, tugas dan fungsi penyuluh. Peserta begitu antusias, terlihat dari banyaknya peserta yg mengajukan pertanyaan kepada dosen tamu. Dalam sesi diskusi beliau menjelaskan bahwa penyuluh fungsional adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggungjawab dan wewenang. Dalam bidang penyuluh agama ada delapan spesialisasi penyuluh non PNS seperti : Pengentasan Buta Huruf Al-Quran, Keluarga Sakinah, Pengelolaan Zakat, Pemberdayaan Wakaf, Produk Halal, Kerukunan Umat Beragama, Radikalisme dan Aliran Sempalan dan Napza serta HIV AIDS. Adapun peluang pada alumni BPI seperti secara akademik alumni BPI memiliki pengetahuan dan pemahaman agama yang dibutuhkan untuk referensi bimbingan dan penyuluhan agama dan memiliki pemahaman tentang teknik dan strategi bimbingan dan penyuluhan agama, sedangkan tantangan pada alumni BPI yaitu kesiapan sumber daya manusia untuk melakukan bimbingan dan penyuluhan agama.

Kegiatan pembinaan studi profesi oleh dosen tamu ini merupakan agenda rutin dari program studi Bimbingan Penyuluhan Islam, dengan harapan untuk mengembangkan suasana akademis, mendekatkan praktisi dengan dunia kampus atau ruang kuliah, juga bentuk upaya kampus mewujudkan ‘kampus merdeka, merdeka belajar’, menguatkan profil utama lulusan BPI sebagai penyuluh agama sehingga bisa lebih paham tentang praktik kepenyuluhan yang mungkin tidak banyak diperoleh di ruang kelas. Kegiatan seri ke 3 dijadwalkan akan dilaksanakan di awal bulan september dengan menghadirkan dosen tamu ibu Munawar S.Pd.,M.Pd. selaku kepala seksi Penyuluhan Agama Islam dan sistem informasi Kanwil Kemenag Sultra.

slot gacor