FUAD ADAKAN PELATIHAN LITERASI MEDIA UNTUK MAHASISWA

FUAD,IAIN Kendari- Perkembangan teknologi komunikasi dan Informasi yang sangat pesat dewasa ini mengakibatkan terjadinya pergeseran pola komunikasi pada masyarakat, khususnya mahasiswa. Pergeseran pola komunikasi tersebut mendatangkan dampak yang positif, tetapi juga memiliki dampak yang negatif, salah satunya adalah banyaknya beredar berita hoax, menyebarnya ujaran kebencian di media sosial dan masih banyak lagi dampak negatif lainnya.  Dalam mengcounter dampak negatif tersebut, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah mengadakan pelatihan literasi media bagi mahasiswa FUAD, yang notabene nantinya akan menjadi komunikator-kounikator yang handal di masyarakat nantinya, baik sebagai jurnalis, public relations, maupun sebagai juru dakwah di masyarakat.

Pelatihan literasi media ini diadakan selama dua hari pada tanggal 31 Maret-1 April 2018 di Gedung Perkuliahan FUAD.  Dalam pelatihan ini diikuti oleh 40 orang peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa prodi Komunikasi Penyiaran Islam. Kegiatan ini  menghadirkan empat orang pemateri yaitu Dr. Najib Husain (Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Pascasarana Universitas Haluoleo), M. Aswan Zanynu, M.Si. (praktisi dan pengamat media serta dosen ilmu komunikasi Universitas Haluoleo), Akhmad Sukardi, M.Sos.I (Wakil Dekan 1 FUAD IAIN Kendari) dan Dr. Nur Alim, M.Pd. ,Rektor IAIN Kendari yang memberikan materi sekaligus membuka acara pelatihan literasi media tersebut.

Dalam sambutannya Nur Alim sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena kemampuan literasi media khususnya bagi mahasiswa sangat penting diberikan melihat pengguna media sosial saat ini yang paling besar adalah dari kalangan mahasiswa. Pelatihan ini juga diharapkan memberikan pemahaman agar tidak lagi menyebarkan berita-berita tidak jelas sumbernya maupun ujaran yang kurang beretika yang kerap muncul utamanya di media sosial.

Target yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah meningkatnya kemampuan literasi media bagi peserta yaitu kemampuan dalam memilah, menganalisis dan mengevaluasi, semua konten media yang menerpa mereka, dan diharapkan pengetahuan mereka tersebut dapat ditularkan kepada orang-orang yang berada disekitar mereka dan kepada masyarakat luas.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Berita

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

slot gacor