PROGRAM STUDI BPI KEMBALI MENGGELAR KEGIATAN PEMBINAAN STUDI PROFESI OLEH DOSEN TAMU (KULIAH 3)

Program Studi Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan Webinar Pembinaan Studi Profesi Oleh dosen tamu (Kuliah III), kegiatan ini mengusung tema “Tupoksi dan Prospek Penyuluh Agama Islam”. Kegiatan tersebut sukses dilaksanakan pada Rabu, 15 September 2021 melalui virtual Zoom Meeting. Kegiatan tersebut di sambut langsung oleh KASI/ Kepala Seksi Penyuluhan Agama Islam dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag SULTRA yakni Ibu Munawar S.Pd., M.Pd, dan dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Kendari yakni Ibu Prof Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd , Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Kendari yakni Bapak Dr. Nurdin S.Ag., M.Pd. yang sekaligus membuka kegiatan Webinar tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan calon penyuluh terhadap prospek penyuluh agama Islam, guna mengetahaui  tentang Tugas, fungsi, Spesialisasi dari Penyuluh Agama. Juga diharapkan mampu memberikan banyak wawasan baru yang diperoleh langsung dari para praktisi yg ahli di bidangnya masing-masing.

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Bapak Dr.Nurdin, S.Ag., M.Pd. dalam sambutan dan keynote speech nya menyatakan bahwa salah satu peran penyuluh agama adalah menjaga kerukunan umat beragama. Konflik yang ada dalam masyarakat perlu diredam agar terasa damai dan tenang karena ada nilai toleransi, sopan santun, saling menjaga, dan saling menghormati sesama umat. Kegiatan Webinar ini membantu mahasiswa BPI, untuk mengetahui tupoksi dan prospek penyuluh agama, untuk kapasitas pengembangan sebagai calon penyuluh Agama.

Ibu Munawar S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa Penyuluh Agama Islam fungsional merupakan PNS yang diberikan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melakukan kegiatan bimbingan atau penyuluhan agama dan pembangunan melalui bahasa agama. Selain itu juga dijelaskan bahwa Penyuluh agama Islam Non PNS merupakan Mitra Direktorat Jendral Bimas Islam Kemenag yang melaksanakan tugas dan bimbingan penyuluhan untuk menjadikan masyarakat Islam yang taat beragama dan sejahtera lahir batin.

Ibu Munawar menjelaskan bahwa tugas pokok penyuluh agama Islam yakni melakukan bimbingan dan penyuluhan keislaman dan pembangunan melalui bahasa agama kepada kelompok sasaran sesuai kebijakan yang ditetapkan oleh Dirjen Bimas Islam, sebagaimana fungsi dari Penyuluh Agama Islam sebagai fungsi Informatif, komunikatif, edukatif dan informatif. Selanjutnya, dijelaskan kemana prospek Bimbingan Penyuluhan itu, disebutkan bahwa ada 7 prospek BPI itu yakni:

  1. Akademisi bidang bimbingan, penyuluhan, konseling dan psikoterapi islam di perguruan tinggi dan lembaga penelitian.
  2. Guru bimbingan dan konseling di berbagai sekolah.
  3. Pembimbing agama Islam di lembaga pemerintahan (Kemenag, ABRI, Kepolisian, LP dan sebagainya) dan Swasta (Perusahaan).
  4. Pembimbing dan konselor pra-Nikah dan keluarga sakinah di KUA, DEPAG, BP4.
  5. Pembimbing kerja karir di berbagai perusahaan.
  6. Penyuluh agama Islam di kemenag.
  7. Penyuluh KB, penanggulangan Narkoba, dan sosial di BKKBN, BNN, Depsos, dan LSM.

Ketua panitia kegiatan Dosen Tamu Khairunnisa Syamsu, M.Pd. menyatakan bahwa program studi BPI telah berhasil melaksanakan kegiatan dosen tamu ini sebanyak 2 kali di bulan lalu, dengan dosen tamu dari LPKA Kelas II A Kendari dan juga Kanwil Kementerian Agama Kota Kendari. Insya Allah di akhir bulan ini, kami dari prodi akan mengundang lagi dosen tamu dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional provinsi Sulawesi Tenggara. Diharapkan kegiatan yg rutin kita laksanakan ini, menjadi bekal tambahan bagi mahasiswa BPI dan calon penyuluh agama.

slot gacor