Sambutan & Pembukaan Kegiatan Oleh Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, & Dakwah, Dr. Muh. Shaleh, M.Pd

24-25 Agustus 2024, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan pendampingan untuk komunitas laboratorium. Acara berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Ahad. Kegiatan pembukaan berlangsung di Aula Mini. Sesi pemberian materi di Ruangan Laboratorium Komunikasi dan Penyiaran Islam, lantai 3 Gedung FUAD. Kegiatan dimulai dari pagi hingga sore hari.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne IAIN, dipandu oleh (Dirjen) Esty Oktavya

Pendampingan berfokus pada dua topik utama; Strategi Pelatihan & Pengembangan Kompetensi Personel Laboratorium Sosial, dan Membangun Budaya Kreativitas dalam Laboratorium. Tujuan acara yakni membahas cara menyeimbangkan kepatuhan terhadap standar ISO dengan kebutuhan untuk kreativitas dan inovasi dalam penelitian laboratorium.

Pendampingan Hari Pertama Oleh Prof Maat Pono, M.Si

Sebanyak 25 mahasiswa, terdiri dari mahasiswa IAIN Kendari dan peserta dari luar IAIN Kendari, berpartisipasi dalam kegiatan ini. Mereka memperoleh kesempatan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan relevan dengan perkembangan terbaru dalam bidang laboratorium.

Acara dibuka oleh Dekan FUAD, Dr. Muh Shaleh, yang dalam sambutannya menegaskan, “Kami membutuhkan kegiatan ini karena setiap akreditasi laboratorium tidak luput dari pertanyaan asesor. Dengan demikian, pemahaman mendalam tentang strategi pelatihan dan pengembangan kompetensi serta budaya kreativitas menjadi sangat krusial.”

Pendampingan Hari Kedua Oleh Dasmin Ekeng, S.I.Kom., M.Sc

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber berkompeten, Prof. Dr. Maat Pono, M.Si., dan Dasmin Ekeng, S.I.Kom., M.Si. Prof. Dr. Maat Pono. Keduanya adalah narasumber yang berpengalam di bidang laboratorium. Pemateri Pertama memberikan wawasan tentang strategi pelatihan yang efektif dan pengembangan kompetensi personel laboratorium, sementara Dasmin Ekeng, pemateri kedua berfokus pada cara membangun dan memelihara budaya kreativitas di laboratorium.

Materi dari kedua narasumber memberikan wawasan baru dan praktik terbaik yang dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari di laboratorium. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, diharapkan peserta dapat menerapkan standar tinggi dan mendorong inovasi di laboratorium mereka.

Nuansa Pembukaan Kegiatan

Kegiatan didanai oleh anggaran DIPA, memungkinkan penyelenggaraan acara secara efektif. Secara keseluruhan, kegiatan pendampingan ini berhasil mencapai tujuannya untuk mengedukasi dan memotivasi peserta dalam meningkatkan kompetensi dan kreativitas laboratorium. Acara Ditutup dengan sesi foto bersama.

Sesi Foto Bersama Perserta dan Panitia Kegiatan

(/Rc19)