Kendari, 29 Juli 2024 — Program STudi (Prodi) Ilmu Alquran & Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Kendari sukses menggelar pelatihan “Menulis di Media Sosial” pada 27-28 Juli 2024 di Gedung Aula Mini IAIN Kendari. Acara ini dilaksanakan berdasarkan SK Nomor 0526 Tahun 2024. Untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa memanfaatkan media sosial sebagai alat dakwah yang efektif, kegiatan ini menyasar 100 mahasiwa IAT maupun berbagai kalangan program studi lingkup FUAD.

Sambutan Wakil Dekan FUAD, Mewakili Dekan

Pelatihan selama dua hari ini menghadirkan dua narasumber utama; Arham Rasyid, penulis buku dan mantan redaktur Harian Kendari Pos, memaparkan teknik-teknik penulisan yang efektif serta strategi pengelolaan konten di media sosial. Sementara itu, Dr. Abdul Muiz Amir, Lc, M.Th.I, dosen Program Studi Ilmu Al-Qur’an & Tafsir (IAT), memberikan materi tentang penyampaian pesan dakwah yang berdampak melalui platform digital.

Acara ini dipandu oleh Irdawati Saputri, M.Ag, memoderasi sesi diskusi dan tanya jawab berkontribusi besar pada kelancaran acara, serta memastikan semua peserta memperoleh manfaat maksimal dari pelatihan.

Moderator, Irdawati Saputri, M.Ag, Dosen IAT sekaligus Pembina Pesantren IAIN Kendari

Wakil Dekan I FUAD, Aminuddin, M.Ag, menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif pelatihan ini. Dalam sambutannya, Aminuddin mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kegiatan Kelas Menulis di Media Sosial yang digagas oleh Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai sarana dakwah. Kami berharap mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan menulis mereka sehingga pesan dakwah yang disampaikan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat. Prodi IAT selalu membanggakan dengan prestasinya, dan pelatihan ini merupakan tantangan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas.”

Pelatihan ini berhasil melibatkan diskusi interaktif dan sesi praktik yang produktif. Ketua Program Studi IAT, Dr Nimatuzuhra Lc mengapresiasi Panitia, narasumber, dan peserta atas kontribusi mereka dalam menyukseskan acara ini, “ Dengan hasil kerja keras para panitia dan semua yang terlibat, Saya sangat berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif bagi masyarakat luas”, tuturnya”.

(/R19)