FUAD IAIN Kendari menjadi mitra MBKM bersama dengan 30 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) dari seluruh Indonesia


Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga (Suka) melaksanakan kegiatan Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Sebagaimana yang dikutip dari laman resmi UIN Suka, Ketua pelaksana program mitra MBKM yaitu Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc dalam laporannya menyampaikan bahwa ada 30 perguruan tinggi mitra dengan peserta sebanyak 229 orang. Selanjutnya, tiga urutan perguruan tinggi yang mendaftar paling banyak adalah UIN Mataram = 27 orang, UIN Padang = 18 orang dan IAIN Ambon = 17 orang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, 9 – 10 November 2021 dihadiri oleh 30 mitra Perguruan Tinggi UIN Suka hadir di forum ini, yakni: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, UIN Sultan Maulana Hasanuddin banten, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, UIN Mataram, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Alauddin Makasar, Institute Agama Kristen Negeri Palangka Raya, IAIN Parepare, IAIN Tulungagung, IAIN Samarinda, IAIN Pontianak, IAIN Ponorogo, IAIN Palopo, IAIN Palangka Raya, IAIN Metro Lampung, IAIN Lhokseumawe, IAIN Kediri, IAIN Curup, IAIN Kudus, IAIN Kendari, IAIN Ambon, STHD Klaten Jawa tengah, STAIYO, STAI Al Husain Magelang, Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Universitas Mataram.

Kegiatan Program Mitra MBKM ini diinisiasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga untuk mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga perguruan tinggi dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif dengan 7 bentuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud No.3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 yakni, (1) Pertukaran Mahasiswa, (2) Magang/Praktik Kerja, (3) Asisten Mengajar di Satuan Pendidikan, (4) Penelitian/Riset, (5) Proyek Kemanusiaan, (6) Kegiatan Wirausaha, (7) Studi/Proyek Independen, (8) Membangun Desa/ KKN Tematik.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam
Dalam kesempatan ini FUAD yang terdiri dari 4 program studi berkesempatan bekerja sama dengan 2 fakultas, yakni Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang meliputi prodi KPI, BPI dan MD, serta prodi IQT yg bernaung dibawah Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam.

Untuk prodi KPI,BPI dan MD bekerjasama dengan 9 PTK yakni UIN Suka, IAIN Ambon, IAIN Metro Lampung, IAIN Pontianak, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, IAIN Curup, UIN Mataram. Sedangkan untuk prodi IQT bekerja sama dengan 12 PTK se Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, koordinasi, konsolidasi dan sosialisasi di tingkat pimpinan Universitas, kemudian meluas hingga Fakultas dan Prodi. Prinsipnya: Mau tidak mau, siap tidak siap… kita harus mau dan siap memasuki era baru MBKM. Disain regulasi dalam bentuk pedoman implementasi MBKM. Prinsipnya: Catat (susun dokumen) yang mau dilakukan, lakukan yang sudah dicatat (sesuai dengan dokumen). Menyusun perangkat dokumen regulasi (pedoman) implementasi MBKM dan universitas mengesahkan kurikulum mata kuliah MBKM yang disusun Prodi.

slot gacor