+6282292166343

Hubungi Kami

Jl. Sultan Qaimuddin No. 17

Baruga Kendari

08:00 - 16:00 WITA

Senin s/d Jumat

Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd : Agar CBC Dipadukan dalam PBAK

25 Nov

Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd : Agar CBC Dipadukan dalam PBAK

Kendari, Humas – Direktur Character Building Center, Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd memberi taklimat  sekaligus mengasakan kebijakan CBC disatukan dalam PBAK berikutnya. Pendidkan dan pelatihan karakter tersebut disampaikan kepada para mahasiswa terpilih sebanyak 40 orang pada hari Jumat (22/11/19).

Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd menegaskan bahwa kegiatan pendidikan dan pelatihan karakter dialamatkan untuk menghasilkan kemampuan yang dibarengi dengan karakter dan moral yang baik. Pendidikan CBC sangat penting. Presiden bahkan keluarkan Perpres tentang CBC. Dua hal yang menjadi penekanan Menteri Pendidikan, Nadhim, yakni kompetensi atau kemampuan para peserta didik dan juga karakter. Kemampuan saja tidak cukup, tapi perlu diikuti oleh karakter dan moral yang baik, di IAIN kita sebutnya akhlaqul karimah,” tandasnya.

Direktur CBC menjelaskan eksistensi dan legalitas CBC IAIN Kendari, “Terkait penyelenggaraan kegiatan pendidikan karakter sudah cukup lama.  Oleh karena itu, lembaga CBC kedepannya akan menjadi masukan untuk dijadikan kebijakan untuk diterjemahkan oleh Warek III. Dalam konteks PBAK untuk diintegrasikan ke dalam CBC. Karena setiap tahun, penyelenggaraan PBAK hampir selalunya melahirkan masalah. Untuk dijadikan jalan keluarnya, momen PBAK didekati dengan pendidikan karakter. Tahun ini jumlah peserta 40 orang. Diharapkan agar CBC bukan hanya 1 gelombang pertahunnya tapi beberapa gelombang dalam setiap tahun. Agar CBC yang diselenggarakan di IAIN Kendari kedepannya bisa menjadi kesatuan untuk menjadi generasi unggul dalam kognitif, afektif, psikomotorik dan skillnya” imbuhnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Rektor IAIN Kendari, Prof.DR. Faizah Binti Awad terkait kebijakan CBC. “Menuju pada kepres atau perpres atau SK dirjen perihal melakukan pendidikan dan pelatihan karakter. Kalau dikaji, bahwa keputusan tersebut bahkan telah hadir jauh sebelum kita ada. Tinggal penerapannya saja. Innama buitstu li utammima makaarima alakhlaq bahwa akhlaq karimah adalah kompas kita”.

“Ada kakak mentornya yang akan mendampingi secara optimal dalam tahapan pembelajaran CBC ini. Berlangsung selama 3 hari, diharapkan untuk berkompetisi dengan baik untuk menunjukkan potensi masing-masing selama CBC”, jelas Direktur CBC sekaligus Dekan FUAD di akhir imbauannya. (com)