+6282292166343

Hubungi Kami

Jl. Sultan Qaimuddin No. 17

Baruga Kendari

08:00 - 16:00 WITA

Senin s/d Jumat

FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH MENGGELAR KULIAH UMUM DENGAN TEMA “KOMUNIKASI ISLAM DI ERA REVOLUSI 4.0”

19 Nov

FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH MENGGELAR KULIAH UMUM DENGAN TEMA “KOMUNIKASI ISLAM DI ERA REVOLUSI 4.0”

KENDARI, FUAD- 12 November 2019 menggelar kuliah umum. Pada kegiatan tersebut mengusung tema “Komunikasi Islam di Era Revolusi 4.0”. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan zaman. Pada era revolusi 4.0 banyak yang menggunakan alat komunikasi untuk menyebar berita hoaks. Pada acara tersebut Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yakni Dr. Nurdin, S.Ag., M.Pd menyampaikan bahwa: “Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah mengalami perkembangan dan kemajuan dari tahun ketahun, hal tersebut ditandai dengan bertambahnya jumlah mahasiswa, baik dari segi kualitas dan kuantitas begitu juga dengan tenaga pendidiknya. Hal tersebut terbukti dengen banyaknya dosen-dosen yang dari FUAD yang sedang dalam masa studi untuk jenjang S3. Yang mana setelah sekembalinya mereka dari studi pasti FUAD akan lebih berkembanga lagi”.

Selain itu kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kendari yakni Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. dalam acara tersebut beliau menyampaikan bahwa: Dengan adanya revolusi era 4.0 seharusnya perkembangan islam melalui telekomunikasi lebih maju dan bukan untuk mengadu domba sesama muslim atau untuk menyebar berita yang dapat mendatangkan ketakutan bagi orang lain, bukan juga untuk menyebar radikalisme, akan tetapi untuk perdamaian dunia”.

Sedangkan menurut Bapak Nurhidayat selaku narasumber dalam kegiatan tersebut mengakatakan bahwa: “Secara singkat, pengertian industri 4.0 adalah trend di dunia industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Trend ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Revolusi industri 4.0  membawa banyak perubahan dengan segala konsekuensinya, industri akan semakin kompak dan efisien. Namun ada pula resiko yang mungkin muncul, misalnya berkurangnya penggunaan tenaga manusia karena digantikan oleh mesin atau robot (dehumanisasi). Dunia saat ini memang tengah mencermati revolusi industri 4.0 ini secara saksama. Berjuta peluang ada di situ, tapi di sisi lain terdapat berjuta tantangan yang harus dihadapi”.

Mudah-mudahan dengan terselenggaranya kegiatan tersebut maka komunikasi yang berjalan di era revolusi 4.0 dapat berjalan dengan baik tanpa ada rasa takut lagi bagi orang lain sehingga menjadi ajang dakwah Islam untuk perdamaian dunia.